Marine & Cargo Surveyor

Marine & Cargo Surveyor
PT. BINAGA OCEAN SURVEYOR

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
Marine Surveyor

P&I Survey Stern Tube Aft Seal Damaged

PNI Survey Stern Tube Aft Seal Damaged.

Beberapa waktu yang lalu saya mengerjakan pekerjaan Marine Survey untuk P&I Survey pada kasus kerusakan Damage survey di Kapal Alvan yang mengalami kerusakan di bagian propellernya karena ada masalah dengan Stern Tube Aft Seal di kapal tersebut. Pekerjaan PNI Survey Stern Tube Aft Seal Damaged di kapal MV. ALVAN di lakukan di salah satu galangan kapal terbesar yang ada di kota Pulau Batam ini yaitu Galangan Kapal ASL di kawasan Tanjung Uncang, Batam, Kepulauan Riau, Indonesia.
mv. alvan sedang naik dock
Kerusakan pada Stern Tube Aft Seal ini jika tidak segera di tangani dengan cepat bisa berakibat terhadap kerusakan yang lebih parah dan bahaya seperti kapal pun bisa tenggelam dibuatnya karena akibat Stern Tube Aft Seal Damaged ini air laut secara perlahan bisa masuk ke dalam bagian mesin kapal atau bisa jadi kerusakan Stern Tube Aft Seal Damaged juga bisa menyebabkan pencemaran air laut, Oil Pollution, case atau masalah yang sangat di hindari oleh perusahan-perusahan pelayaran karena akibat dari masalah Oil Pollution ini bisa menghabiskan uang yang banyak malah jika tidak ditangangi dengan benar bisa membuat perusahaan pelayaran bangkrut dibuatnya.

Gambar Stern Tube Seal terpasang di Kapal
Mari kita lihat apa saja sih penyebab kerusakan Stern Tube Aft Seal Damaged ini ?
Untuk itulah perluanya seorang Marine Surveyor Indonesia di tugaskan oleh perusahaan penyedia jasa marine survey yang di tunjuk oleh P&I Club untuk hadir ke atas kapal tersebut guna membuat laporan survey terkait terhadap kerusakan yang dimaksud, istilah penyebutan untuk kerja marine survey ini adalah P&I Survey Stern Tube Aft Seal Damaged.

diagram stern tube seal kapal
Penyebab kerusakan Stern Tube Aft Seal Damaged ini biasanya disebabkan oleh tersangkutnya propeller kapal oleh jaring-jaring ikan nelayan, untuk membuktikan penyebab kerusakan ini maka pada saat pemeriksaan di galangan kapal harus benar-benar di perhatikan pada saat di buka dan di lepasnya bagian propeller kapal ini, lihat baik-baik jika kerusakan diakibatkan oleh jaring nelayan biasanya akan ada bekas jaring nelayan yg tersangkut, terbelit di bagian Stern Aft Seal atau bahkan bagian Stern Aft Seal bisa saja akan terpotong oleh tajamnya tali benang jaring-jaring nelayan ini, jika tidak ada tanda-tanda seperti tersebut maka penyebab kerusakan dari pada Stern Tube Aft Seal Damaged ini disebabkan perkara lainnya seperti pemasangan yang tidak baik dan sempurna ketika kapal naik dok, atau kualitas Stern Tube Seal yang tidak bagus dan lain sebagainya tergantung hasil pemeriksaan kita ketika survey P&I Survey Stern Tube Aft Seal Damaged ini berlangsung.

gambar propeller kapal dimana terletak stern tube seal
Untuk diketahui bahwa cara mengetahui adanya kerusakan dibagian Stern Tube Aft Seal Damaged ini,  biasanya ada kejadian rembesan air laut yang masuk ke tangki Stern Tube sehingga menyebabkan adanya kontaminasi antara air laut dan minyak oli stern tube, biasanya jika terjadi kontaminasi maka akan terlihat adanya cairan seperti air susu warnanya, masuknya rembesan air laut ini yang dapat masuk ke tanki Stern Tube ini terjadi akibat adanya ketidakberesan atau di sinyalir ada kerusakan di bagian Stern Tube Seal, karena jika Stern Tube Seal ini dalam keadaan kondisi baik seharusnya air laut tidak akan dapat masuk kedalam dan mengkontaminasi minyak oli di tangki stern tube oli dimaksud.

Kapal Alvan setelah selesai diperbaiki Stern Tube nya
Demikian sedikit share tentang PNI Survey Stern Tube Aft Seal Damaged di kapal Mv. Alvan yang sedang naik dok di galangang kapal ASL di Tanjung Uncang, Batam, Indonesia, dibawah ini saya cantumkan beberapa dokumen yang bisa di pelajari terkait case PNI Survey Stern Tube Aft Seal Damaged untuk dibaca-baca diantaranya sebagai berikut;
1). https://drive.google.com/file/d/0B8fShfCfJJc4S05KcWNfTTBtOWs/view?usp=sharing
2).

Stern Tube and Shafting Arrangements  

Semoga tulisan kami tentang kali ini tentang PNI Survey Stern Tube Aft Seal Damaged ini dapat bermamfaat dan menambah wawasan kita tentang Marine Surveyor Indonesia, baca juga tulisan kami lainnya tentang : Bunker Survey.

2 Responses to "P&I Survey Stern Tube Aft Seal Damaged"

  1. terimakasih...sangat membantu pak

    BalasHapus
  2. Terimakasih artikel nya semoga bermanfaat di dunia maritim maupun industry lainya . apa bila ada kebutuhan hot water boiler,thermal oil heater,piping heater barge palka bisa hubungi kami
    Salam ,
    RATMAN
    081388666204
    PT.INDIRA DWI MITRA
    http://indira.co.id

    BalasHapus

Silahkan berikan saran dan kritik anda kepada kami, terima kasih