Tank Cleaning Survey
Mengerjakan pekerjaan marine survey untuk pemeriksaan Tank Cleaning Survey termasuk salah satu yang lumayan menguras keringat kala gak mau bilang capek karena kita sebagai seorang Marine Surveyor Indonesia mesti kelaur masuk ke dalam tanki-tanki kapal untuk memeriksa kondisi dinding palka tanki kapal, main dek lantai kapal dan butterworth tempat akses pengisapan muatan kapal yang biasanya jadi tempat yang rentan masih dalam kondisi kotor ketika ada pekerjaan Tank Cleaning Survey tersebut.
Tank Cleaning Survey biasanya dilakukan di atas kapal tanker pembawa muatan minyak dan jenis kargo muatan cair lainnya, selain kapal tanker ada juga jenis kapal tongkang atau SPOB jenis kapal tongkang khusus pembawa muatan cair atau minyak ini.
kapal tongkang minyak |
Berikut ini salah satu tulisan saya yang pernah saya tulis dan publikasikan di blog saya Marine Surveyor Indonesia yang bercerita tentang seluk beluk Tank Cleaning Survey ini, silah dibaca dan terima kasih atas kunjungan anda ke blog website saya ini.
Cara Kerja Marine Surveyor untuk Tank Cleaning Survey
Bagaimanakah Cara Kerja Marine Surveyor untuk melakukan pekerjaan Tank Cleaning Survey ini? mari bersama-sama kita pelajari tentang Cara Kerja Marine Surveyor untuk melaksanakan Tank Cleaning Survey ini.
Biasanya pekerjaan marine survey untuk tank cleaning survey di lakukan di atas kapal-kapal tanker atau kapal tongkang minyak SPOB (self propeller oil barge) yang akan mengganti jenis muatan kapalnya dari misalkan biasanya muat minyak crude ke jenis muatan minyak produk pertamina seperti solar, bensin atau kerosene, namun terkadang ada juga permintaan Tank Cleaning Survey ke atas kapal yang akan memuat produk minyak sawit (CPO) dan turunannya seperti RBD Olein dan lain sebagainya. Pemilik barang biasanya selalu mengisyaratkan sebuat dokumen marine surveyor yaitu Certificate Tank Cleaning Survey atau Dry Certificate sebelum pemuatan suatu kargo cair atau minyak.
Pada intinnya jenis pekerjaan marine survey untuk tank cleanliness survey adalah untuk memastikan bahwa kapal tanker atau tongkang spob atau tongkang minyak cpo ini dalam keadaan bersih sebelum pemuatan minyak di lakukan, biasanya kita bekerja mengikuti panduan tank cleaning survey guide yang di keluarkan oleh dr verwey.
Berikut ini contoh beberapa kapal yang pernah di lakukan pekerjaaan tank cleaning survey yaitu kapal SPOB. Kapuas yang sedang sandar di jetty Pertamina Trans Kontinental PTK Kabil, di Batam, Indonesia.
• Name Of Vessel : SPOB.KAPUAS
• Call Sign : P O N X
• Class : RINA Registered & BKI
• Type of Vessel : Self Propeller Oil Barges
• Port of Registry : Batam
• Flag : Indonesia
• IMO No. : 9663908
• Gross Tonnage : 2,370.00 T
• Net Tonnage : 1,050.00 T
• LOA : 85.00 M
• Breadth : 20.00 M
• Depth : 5.00 M
• Main Engine : Yanmar YFC34 2 x 1000 HP
• Builder/Built : Batam / 2012
• Owner : PT. Pertamina Trans Kontinental (PTK)
CLEANING METHOD INFORMED FROM CHIEF OFFICER
- Gas Free All Tanks
- Removing oily water
- Scrapping and democking (packaging)
- Flushing and Circulation each tanks with seawater and diesel oil
- Spraying & Mopping up
- Drying all tanks, line and pump
tanki kapal yg masih kotor |
Selain jenis kapal tanker seperti kapal SPOB. Kapuas di atas, maka untuk Cara membersihkan tangki untuk kapal tongkang atau Kapal Tanker yang akan melakukan pemuatan minyak kelapa sawit adalah sebagai berikut;
• Cara membersihkan tangki untuk muatan minyak kelapa sawit:
o Tangki dibersihkan menggunakan butter worth machine dengan tekanan air ± 12 kg / cm2.
o Sebelumnya air diheating terlebih dulu (± 82°C) baru disemprotkan.
o Cyclus butter worth diulang hingga 4 kali dengan setingan untuk seluruh permukaan tangki.
o Pompa air laut yang tersisa di tanki ke slop tank.
o Bersihkan menggunakan air tawar dengan disemprotkan menggunakan butter worth machine, tanpa harus diheating(2 s/d 3 cycle).
o Pompa air tawar yang tersisa di tangki ke slop tank.
o Lakukan gas freeing, cek kadar O2, combustible gas dan toxic gas.
o Cek dinding tangki dan bersihkan dengan menggunakan solvent.
o Keringkan dan tangki siap untuk dimuati.
Demikian sedikit sharing ilmu pengetahuan marine survey tentang Cara Kerja Marine Surveyor untuk Tank Cleaning Survey di kapal tanker ataupun kapal tongkang minyak, jika anda punya pendapat lainnya kami persilahkan memberikan komentar dibawah tulisan ini, buat pelajaran demi kemajuan kita bersama Marine Surveyor Indonesia.
Baca Juga :
Pembersih oli, asam dan alkali yang mengandung inhibitor korosi untuk menghilangkan minyak dan residu lainnya. Pembersih asam terutama digunakan untuk menghilangkan endapan anorganik seperti penskalaan, dan membuka blokir pipa yang tersumbat dengan melarutkan minyak. Pembersih basa dapat melarutkan lemak, minyak, dan zat berbasis protein. Efektif dalam mencegah korosi lebih lanjut ketika karat dihilangkan.
BalasHapusUntuk informasi lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
WA:081310849919
Terima kasih